Sunday 5 March 2017

Penggunaan Partikel のNo, とTo dan もMo

Ads Responsive

Bunpou N5 bagian #4

Pelajaran kali ini adalah tentang katabantu No, To dan Mo.

A. Kata bantu NO digunakan untuk :
1. Menunjukkan arti "kepemilikan,kepunyaan".

どなたの
donata no
kepunyaan siapa

私の
watashi no
punya saya

あなたのペン
anata no pen
pulpen milik anda, pulpenmu

2. Kata benda menerangkan kata benda. Dalam bahasa Jepang kata yang menerangkan diletakkan didepan kata yang diterangkan, jadi hukum MD yang dipakai.

男 の 子
otoko no ko
anak laki-laki

女 の 人
onna no hito
orang perempuan

箱のフタ
hako no futa
tutup kotak

日本語の 先生
nihongo no sensei
guru bahasa jepang

桜の花
sakura no hana
bunga sakura

何 の 木
nan no ki
pohon apa

私 の 友だち の 山田さん
watashi no tomodachi no Yamada-san teman saya Yamada

B. Kata bantu TO berarti "Dan"

あなたと わたし
Anata to watashi
Kamu dan saya

新聞 と 雑誌
Shinbun to zasshi
Koran dan majalah

本 と ペン
Hon to pen
Buku dan pulpen

C. Kata bantu MO berarti "juga, maupun".

わたし も 医者
Watashi mo isha
Saya juga dokter

りんご も みかん も
Ringo mo mikan mo
Apel maupun jeruk

* bila kita memakai kata bantu MO, WA ditiadakan.

例文 :
この本 どなたのですか
Kono hon donata no desuka
Buku ini kepunyaan siapa ?

私 の です
Watashi no desu
Punya saya

豊田 は 日本 の 自動車 です
Toyota wa nihon no jidousha desu
Toyota adalah mobil Jepang

あれ は 上田さん の 赤い 帽子 です
Are wa ueda-san no akai boushi desu
Itu adalah topi merah kepunyaan Ueda

封筒 と 便箋 は どなた の ですか
Fuutou to binsen wa donata no desuka
Amplop dan kertas surat kepunyaan siapa ?

封筒 と 便箋 は あなたの です
Fuutou to binsen wa anata no desu
Amplop dan kertas surat kepunyaanmu

山田 も 幸子 も 私 の 子供 じゃ ありません
Yamada mo yukiko mo watashi no kodomo jya arimasen
Baik yamada maupun yukiko bukan anak saya

Nah itu saja dulu pelajaran untuk kali ini, kalau ada yang bingung silahkan tanyakan.

Ads Responsive

 
Back To Top